Selasa, 18 November 2008

KOMPUTER & PENDIDIKAN

APLIKASI NON PENGAJARAN


Ujian berbantuan komputer

Contoh :

- komputer digunakan sebagai penganti kertas ujian

- komputer dimanfaatkan untuk menggali kemampuan melalui tanya jawab secara aktif

Ø CAG (Computer Assisted Guidance)

Pengarahan berbantuan komputer membantu pemakai dalam pengambilan keputusan

Contoh :

- penggunakan INTERNET

Ø CMI (Computer managed Instruction)

Belajar dikelola komputer

Contoh :

- Perencanaan kuliah, belajar, membaca, ujian

- komputer langsung memantau kegiatan dan prestasi siswa

v APLIKASI PENGAJARAN

CAI (Computer Assisted Instruction)

Komputer sebagai dosen / Buku

Tahun 1960, Jenis Aplikasi CAI :

Ø Latih & Praktek (Drill & Practise) : menguji tingkat pengetahuan siswa

Ø Penjelasan (tutorial) : untuk materi ajaran baru, disini siswa dapat berinteraksi dengan komputer

Ø Simulasi : digunakan untuk mengkaji permasalahan yang rumit

Ø Permainan (game) : agar bisa mendapat pengetahuan dengan cara santai.

Beberapa contoh sistem CAI (tahun 80-an) :

v PLATO

Ø Dibuat di University Illinois (1959) & Central Data Corp. (CDC)

Ø Tujuan :

- memotong jalur pendidikan formal dan langsung belajar di rumah berupa latih, praktek, penjelasan dan simulasi

Ø Menggunakan bahasa pemrograman TUTOR untuk : bhs prancis, Jerman, spanyol & Aritmatika dasar serta Fisika u/: SLTA, pelatihan pegawai baru di UNITED AIRLINES

Ø Digunakan untuk komputer mikro : IBM, Apple II plus, ATARI 800 dan Texas instrument TI 99/4A

Ø Rancangan asli PLATO :

- terdiri dari satu komputer besar CDC dihubungkan dengan jalur komunikasi ke terminal-terminal jarak jauh

- Jalur komunikasi : satelit, kawat khusus dan saluran telpon

- terminalnya memiliki kemampuan sentuhan sensitif (touch sensitive) dan keyboard, pembaca optik (optical scanner), unit pencetak

- melayani sampai dengan 32 lokasi berbeda, masing-masing 32 terminal

Ø Kelebihan : dapat memantau perkembangan belajar siswa dan mendorong siswa belajar lebih cepat

v TICCIT (Time-shared interactive Computer Controlled Information Television)

Ø Dikembangkan di perusahaan MITRE (1971), dibiayai oleh National Science Foundation

Ø Ciri Khas :

1. Dirancang agar semua aplikasi perangkat lunak dari berbagai aplikasi dapat diterapkan terpadu.

2. Tidak dirancang untuk latih & praktek tapi lebih ke bentuk penjelasan

3. Memungkinkan pemakai untuk lebih berinisitaif dibandingkan dengan sistem CAI lainnya

Ø Rancangan TICCIT :

- tiap unit terdiri dari televisi berwarna, keyboard khusus (15 tombol), earphone, tempat belajar, buku catatan

- mampu melayani sampai dengan 128 unit belajar

Ø Kawasan materi ajaran meliputi : bhs prancis, inggris, spanyol, linguistik, logika simbolis, latihan petugas penerbangan, ilmu kelautan, keperawatan dan elektronik

Ø Tiga jenis informasi yang digunakan dalam peragaan TICCIT :

- Aturan (Rule) : definisi, pernyataan hubungan antara besaran & prosedur rinci

- Contoh : penggunaan aturan, ilustrasi dari definisi

- Latihan : menguji siswa seberapa jauh pengertian & pengetahuannya.

v METODE PENGAJARAN BARU

Ø METODE LOGO :

- Menggabungkan 3 bidang ilmu : Kecerdasan buatan, psikologi & Ilmu komputer

- Dikembangkan oleh Seymour Papert dan partner

- Tujuan pengembangan:

1. Membuat berbagai model metode belajar

2. Berinteraksi dengan model untuk memperbaiki hasil yang sudah dicapai

3. Mengembangkan cara untuk meningkatkan perasaan ingin belajar

- Metode pengajaran LOGO :

a. dibantu

b. mencari jalan sendiri (kecerdasan buatan)

- Kelebihan : kemampuan bertanya jawab secara lansung

- Fasilitas yang terkenal : grafika kura-kura (turtle graphic) yaitu suatu lambang berbentuk segitiga di layar

Ø SMALLTALK-80

- Menggunakan jaringan komputer (tiap komputer disebut OBJECT)

- Kelebihan : fasilitas grafis berkemampuan tinggi dan siap pakai

- Pemakai tidak perlu mengerti aspek teknis komputer, cukup pengetahuan dasar logika sehingga komputer mengarahkan mereka dengan cara yang mudah dimengerti.

ISYU & MASALAH

1. Apakah benar komputer meningkatkan kemampuan belajar?

2. Apakah komputer akan mendorong manusia untuk mengabaikan lingkup sosialnya?

0 komentar: